Landing Page? AIDA!

Landing Page? AIDA!

Jika suatu waktu saya memulai bisnis, maka sudah barang tentu salah satu metode marketing yang akan saya fokuskan adalah Internet Marketing atau kadang juga disebut Digital Marketing, di mana proses pemasaran memanfaatkan fungsi internet secara luas sehingga tujuan marketing agar dapat memperkenalkan produk atau jasanya tercapai.

Di antara poin tentang Internet Marketing yang sering dibicarakan adalah Landing Page, yaitu Halaman Utama tempat (Calon) Konsumen mengetahui dan mengenal Bisnis kita ssecara lebih baik.

Umumnya Landing Page diasumsikan sebagai Website resmi perusahaan (saya tidak tahu jika landing page juga diartikan selain itu). Website ini berfungsi sebagai Induk dari berbagai Media Marketing yang lain semisal Facebook ads atau Instagram.

Dibandingkan Media yang lain, halaman Website bisa memuat informasi yang lebih banyak, lebih detail, dan lebih beragam terkait Perusahaan dan Produk atau Jasa yang ditawarkan.

Website ini juga dapat diibaratkan seperti Toko, sehingga agar (Calon) Pembeli merasa nyaman, Desain Toko peru dibuat bagus dan menarik. Saya sendiri lebih suka desain Web yang simpel, tidak warna-warni, elegan, dan informatif.

Untuk membuat Landing Page yang baik ada sebuah metode yang umum dipakai, yaitu metode AIDA:

  1. Attention: Bagaimana Landing Page dan Copywriting dapat menarik perhatian pembaca.
  2. Interest: Tampilkan sesuatu yang menarik, misal Kisah, Informasi, Fakta, Infografis, Studi Kasus.
  3. Desire: Berikan sesuatu yang membuat pembaca benar-benar ingin memiliki Produk atau Jasa kita.
  4. Action: Bagaimana agar Landing Page mampu membuat pembaca mengambil langkah lebih jauh untuk memiliki atau memperoleh informasi lebih detail tentang Produk atau Jasa. Misal dengan mengiisi Formulir yang kita berikan, data diri dan lain sebagainya.

Kemudian perlu juga untuk memiliki Template Landing Page yang menarik dan sesuai dengan tujuan bisnis kita. Melalui themeforest.net atau landingfolio.com kita bisa membeli template yang kita inginkan.

Selamat membangun Landing Page!

achmadlutfi | 24 April 2020

Pic: unsplash.com/@halgatewood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!